Wednesday, August 10, 2011

Forget Mysql or Phpmyadmin Password on UBUNTU (Lupa Password Mysql dan Phpmyadmin)

Forget Mysql or Phpmyadmin Password on UBUNTU (Lupa Password Mysql dan Phpmyadmin): "
Pamulang.. Berawal dari pertanyaan yang tiba2 muncul di kepala gw, “gimana yah kalo gw lupa passwordnya?” ok, sesuatu yang error kan bisa jadi pelajaran. Nah sebelom error, gw kepikiran itu duluan.. Soale pribadi gw kan banyak errornya :P


Tulisan spele (lagi!) ini tentang kalo kita lupa sama password Mysql atau Phpmyadmin di UBUNTU kita. Disini gw test pake UBUNTU 10.04 yah. Yuk langsung ajah…
Pertama buka konsol n masuk jadi superuser atau ROOT..
$ sudo -s
kalo dah masup jadi ROOT, sekarang matiin dulu Mysqlnya, masih di konsol..
# /etc/init.d/mysql stop
Kalo Mysqlnya udah gag kerja lagi, terus masukin perintah..
# mysqld –skip-grant-tables –skip-networking &
Itu untuk matiin semua kerja Mysql, terus masupin perintah..
# mysql mysql -u root
Itu untuk masup ke Mysql.. Okeh, kalo udah masup baru kita ganti passwordnya…
mysql> UPDATE user SET password=PASSWORD(‘password baru’) WHERE user=”root”;
Whokeeeehhh…beres dah ganti passwordnya, terus tinggal restart dah Mysql nya…
mysql> /q
# /etc/init.d/mysql restart
FINISH…simple kan…
Semoga bermanfaat ;)
"

No comments:

Post a Comment

Comments