Sunday, October 2, 2011

Migrasi Domain Blog dari Blogspot ke Domain Pribadi Anda

Migrasi Domain Blog dari Blogspot ke Domain Pribadi Anda:
Migrasi domain? Apa itu ya? Ok, sebelum kita bahas mengenai bagaimana cara "Migrasi Domain Blog dari Blogspot ke Domain Pribadi Anda", ada baiknya saya memberikan sedikit penjelasan. Apa itu domain? Jika pembaca ada yang belum mengetahui, bisa lihat pada pangertian domain. Sedangkan pengertian dari migrasi dapat dilihat pada pengertian migrasi. Dengan demikian, pengertian migrasi domain adalah proses penggantian nama domain dari satu domain ke domain yang lain dari suatu halaman web/blog namun tidak mengubah bentuk, isi, dan ciri dari web/blog itu sendiri.
Sebagai contoh adalah blog saya ini. Blog ini adalah layanan blog yang disediakan oleh google secara gratis yang disebut dengan blogspot/blogger. Pastinya ada para pembaca yang mempunyai blog pada blogspot ingin mengubah nama domain mereka sesuai dengan nama yang diinginkan. Contohnya, alamat asli dari blog ini adalah http://xinthinx-blog.blogspot.com dan saya ingin mengubah alamat domain tersebut menjadi http://blog.xinthinx.us namun unsur dari blogspot iru sendiri masih terus melekat. Ok, langsung saja kita mulai proses "Migrasi Domain Blog dari Blogspot ke Domain Pribadi Anda".

Yang dibutuhkan dalam kasus kali ini adalah nama domain (sekalian nyewa tempat hosting) milik anda, baik yang anda beli secara legal maupun ilegal nyengir. Jika yang dibutuhkan tersebut sudah terpenuhi dan telah aktif, sekarang saatnya pengaturan.

  • Masuk ke cpanel (kasus ini menggunakan cpanel 11) domain anda.
    http://nama-domain-anda/cpanel.
  • Setelah itu masuk ke dalam "Simple DNS Zone Editor".

  • Di dalam Simple DNS Zone Editor, fokus kan pada Add a CNAME Record. Pada field name, isikan nama domain untuk blog anda tersebut. Jika akan dialihkan pada root domain, tuliskan www. Jika pada subdomain, isikan nama domain yang anda inginkan.
  • Pada field CName, tuliskan ghs.google.com. Lalu klik CNAME record.

Setelah pengaturan pada cpanel domain kita selesai, sekarang kita beralih ke pengaturan pada dashbor pada account blogspot kita. Login terlebih dahulu pada account blogspot anda. Jika sudah, ikuti langkah berikut ini.
  • Langsung saja pilih menu pengaturan. Jika sudah, terdapat beberapa tab menu dan pilihlah publikasikan.
  • Lalu klik link Domain Ubahsesuaian.

  • Dikarenakan kita sudah memilik domain sendiri, klik link Beralihlah ke pengaturan lanjut untuk mengatur penyambungan antara blogger dan domain milik kita.

  • Setelah selesai, lagkah terakhir adalah memasukkan nama domain yang telah kita daftarkan pada domain milik kita tadi.

Penampakan pada Blogger 3

  • Jika sudah, klik tombol Simpan Setelan pada bagian bawah.
Nah, selesai sudah bagaimana cara Migrasi Domain Blog dari Blogspot ke Domain Pribadi Anda. Terkadang proses ini langsung berhasil, terkadang membutuhkan waktu sekitar 12 jam untuk bekerja. Mudah bukan? Sekarang giliran anda. Selamat mencoba.

1 comment:

  1. Sy mau tanya, sy kan sudah migrasi dri blogspot.com ke .com, tapi saya ingin migrasi ke akun blogspot yg baru itu caranya gimana...? mohon bantuannya

    ReplyDelete

Comments